PERAN GARMEN DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKSTIL

BY IN Blog NO COMMENTS YET , , , , ,

PERAN GARMEN DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKSTIL

PERAN GARMEN DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKSTIL

PERAN GARMEN DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKSTIL

Perkembangan garmen menjadi kontribusi terbesar di perkembangan industri tekstil saat ini. Garmen atau pakaian jadi menjadi salah satu kunci dari peningkatan sumbangan di bidang tekstil, industri yng menjadi salah satu sektor andalan Indonesia dalam rangka pertumbuhan perekonomian nasional.

Sebagai bukti bahwa industri garmen menjadi kontribusi terbesar dapat dilihat dari jumlah tenaga kerja yang di serap. Dari satu setengah juta tenaga kerja yang diserap oleh perkembangan industri tekstil sekitar satu per tiga atau sekitar lima ratus ribu tenaga kerja dapat di serap oleh industri garmen. Ini menunjukkan bahwa industri garmen sangat dominan menguasai tekstil di Indonesia. Selain itu industri garmen atau pakaian jadi memberikan kontribusi yang cukup besar untuk dalam ekspor ke luar negeri.

Oleh karena perkembangan garmen yang membuat industri tekstil semakin berkembang, pemerintah yang diwakili oleh kementrian perindustrian memutuskan bahwa mereka masih memprioritaskan tekstil dalam pengembangan. Dengan adanya perhatian dari pemerintah dan bahkan di prioritaskan diharapkan industri ini dapat berkembng dengan cepat dan dapat menjadi industri yang di unggulkan di Indonesia.

Dalam perkembangan industri tekstil yang dilakukan oleh pemerintah diharapkan industri garmen menjadi produk yang unggulan. Pemerintah mengharapkan industri garmen, khususnya produk batik menjadi unggulan dan dapat meningkatkan nilai ekspor di bidang tekstil. Batik yang merupakan khas Indonesia sendiri saat ini sudah berskala internasional.

PERAN GARMEN DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKSTIL

Nilai impor Indonesia saat ini mencapai tiga belas miliar dollar amerika, ini merupakan dua kali lipat dari nilai impor perkembangan industri tekstil delapan tahun yang lalu. Selain nilai impor masih banyaknya pasar potensial di dalam negeri membuat pemerintah optimis terhadap tekstil. Maka pemerintah dalam hal ini sangat ingin untuk memperhatikan usaha kecil menengah di bidang garmen. Karena industri ini diharapkan dapat menjadi penggerak utama perekonomian nasional.

Meskipun seperti itu kontribusi perkembangan industri tekstil di Indonesia di dunia masih sangat kecil yaitu masih sekitar dua persen. Maka dari itu diharapkan untuk sepulh tahun mendatang kontribusi Indonesia dalam bidang tekstil di dunia dapat meningkat menjadi sepuluh persen. Untuk mencapai hal tersebut maka di butuhkan kontribusi dan kerja sama semluruh pihak untuk terus mengembangkan industri ini. Dengan kerja sama semua pihak diharapkan industri di bidang tekstil dan garmen yang merupakan salah satu pemberi kontribusi yang besar dapat terus berkembang dan meningkat.

PERAN GARMEN DALAM PERKEMBANGAN INDUSTRI TEKSTIL

5.02749

So, what do you think ?


  • 1 + = ten