5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

BY IN Blog NO COMMENTS YET , , , ,

5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

Di Indonesia, tidak sedikit pelaku usaha konveksi. Pengusaha konveksi tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia terutama di kota-kota besar seperti konveksi di Bandung, bogor dan Jakarta. Pada dasarnya, kebanyakan pengusaha konveksi tersebut menerima orderan partai besar atau kecil dari suatu perusahaan, sekolah, atau komunitas. Mengingat pasar dari bisnis ini begitu luas, maka bukan hal yang tidak mungkin kita pun membangun bisnis konveksi ini, namun banyak dari kita yang bingung untuk memulainya.

Berikut ini akan penulis jelaskan 6 langkah dalam membangun bisnis konveksi.

5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

1. Survey
Sebelum anda memulai bisnis konveksi, hal pertama yang haus anda lakukan adalah sirvey terlebih dahulu daerah strategis yang menjadi lahan untuk membangun bisnis konveksi. Jika anda menilai harus membangun di daerah yan sudah menjadi pusat bisnis konveksi maka lakukanlah, tapi kalau anda berpikiran untuk membangun di daerah yang belum ada pesaing maka lakukanlah juga. Sebab hanya anda yang mengerti strategi pemasaran apa yang akan anda lakukan sesuai dengan target pasar anda dan lingkungan anda.

2. Cari tempat
Apabila anda sudah mensurvey daerah yang strategis untuk usaha anda, maka tahap selanjutnya adalah mencari tempat yang strategis. Tempat yang strategis ini seperti misalnya di daerah pojokkan, dekat dengan gerbang perusahaan, dekat dengan pusat makanan atau sebagainya. Ini penting mengingat perilaku konsumen yang berbeda-beda.

3. Tetapkan modal
Setelah mendapatkan tempat, anda akan tahu berapa biaya yang anda butuhkan untuk menyewa tempat dan membeli peralatan jahit, maka kumpulkanlah modal tersebut baik dari tabungan, meminjam ke Bank atau mencari Investor. Dalam hal ini, modal bukanlah tahap terpenting dalam membangun bisnis konveksi namun merupakan salah satu faktor yang patut diperhitungkan.

4. Siapkan peralatan/bahan baku
Ketika modal telah terkumpul, maka langsung belikan peralatan jahit yang anda butuhkan seperti mesin jahit, gunting, benang, mesin obras, kain dan sebagainya. Sisakan modal untuk biaya tidak terduga, jangan sampai dihabiskan namun juga jangan sisakan terlalu banyak karena biasanya uang tersebut akan tidak jelas perhitungannya.

5. Siapkan strategi pemasaran
Apabila tempat usaha sudah ada, peralatan jahit sudah lengkap maka selanjutnya anda siap untuk memasarkan usaha anda, pikirkan strategi yang pas untuk bisa mencapai target pasar anda. Seperti misalnya melalui pamflet, flyer, social media, atau dari mulut ke mulut (word of mouth).
Kalau kelima tahap tersebut sudah anda lakukan, berarti anda siap untuk membangun bisnis konveksi anda.

5 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS KONVEKSI

5.0836

So, what do you think ?


  • 7 − = three